Program International

Sejak Tahun 2007 Universitas Ahmad Dahlan telah dipercaya sebagai partner oleh Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan Program Internasional Darmasiswa dengan beasiswa dari KEMDIKBUD. Program tersebut terus berjalan sampai saat ini, bahkan UAD terus mengembangkan berbagai program internasional, antara lain program sandwich, joint degree, ASEAN International Mobility Students (AIMS), Beasiswa Unggulan dari Pemerintah Filipina, Beasiswa Muhammadiyah bagi mahasiswa asal Thailand, Indonesian Culture and Language Courses (ICLC), dan lain-lain. Program-program tersebut membawa tren positif terhadap jumlah mahasiswa asing yang kuliah di UAD. Tren positif tersebut terlihat mulai 2009, yaitu, 44 mahasiswa (2009), 44 mahasiswa (2010), 75 mahasiswa (2011), 99 mahasiswa (2012) dan 116 mahasiswa pada tahun 2013, berasal dari Jerman, Inggris, Spanyol, Belgia, Belanda, Hungaria, Uzbekistan, Turki, Mesir, China, Jepang, Korea Selatan, India, Bangladesh, Philipina, Thailand, Malaysia, dan Timor Leste.

Animo mahasiswa asing untuk kuliah di UAD diperkirakan akan terus meningkat dengan semakin banyaknya kesempatan bagi UAD untuk mengikuti Education Expo Program di berbagai negara serta keinganan dari beberapa Kedutaan Besar Asing di Indonesia , antara lain Rusia dan India untuk melakukan kerjasama dengan UAD. Banyaknya perguruan tinggi yang telah merealisasikan kerjasama dengan UAD juga menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat internasional terhadap UAD. Beberapa perguruan tinggi yang telah menandatangani MOU dengan UAD dan telah merealisaikan programnya antara lain: GuangXi University for Nationalities, Xiang sihu College, GuangXi Medical University (China), University of Thammasat , Prince of Songkhla University, Rangsit University , Nakhon Pathom Rajabhat University, Kohn Kaen University (Thailand), Universiti Sains Malaysia, Universiti Utara Malaysia, Universiti of Malaya, Universiti Sultan Zaenal Abidin (Malaysia), Ifugao State University, University of Nueva Caceres, University of Saint Antonio (Phillipine), Shinjuku Language Center (Jepang), Massey University (New Zealand), Leiden University (Holland/Belanda), MUSA-ASIAH Foundation (Kamboja/Cambodia).

Melalui Program Internasional tersebut, UAD telah meluluskan lebih dari 150 mahasiswa yang Hasil penelusuran alumni UAD menunjukkan bahwa para alumni telah terserap pada berbagai industri internasional, perusahaan asing di Indonesia, beberapa menjadi dosen di negara asal, bekerja di Kedutaan Besar, serta studi lanjut. Beberapa lulusan bahkan telah terserap sebelum di wisuda. Sebaran mahasiswa asing di berbagai program studi di UAD antara lain Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Psikologi, Ekonomi Pembangunan, Fakultas Agama Islam, Farmasi, Teknologi Industri, Magister Manajemen Pendidikan, dan lain-lain memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa domestik. Mereka lebih mengenal tentang budaya, terbukanya wawasan, bertambahnya pengetahuan, serta mendorong mahasiswa untuk lebih kompetitif dengan menguasai kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Dengan demikian, lulusan UAD akan lebih siap dalam menghadapi kompetisi global. Dengan slogan “Internationally Recognized University” UAD akan terus meningkatkan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga lainnya di Luar Negeri.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan Program Internasional UAD dapat melihat di: http://www.oia.uad.ac.id/