Pendidikan Fisika

Izin Pendirian dan Status
Program Magister (S2) Pendidikan Fisika UAD memperoleh izin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK Nomor: 4182/D/T/2004 tertanggal 22 Oktober 2004 dan pada 10 Januari 2013 telah berstatus Terakreditasi “B” sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013.
Visi
Pada tahun 2020 menjadi Program Magister Pendidikan Fisika berwawasan global yang kuat dalam penguasaan konsep fisika, unggul dalam penguasaan teknik pembelajaran berbasis IT yang sejalan dengan nilai keislaman.
Misi
·    mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan fisika yang islami
·    menyiapkan guru fisika yang menguasai konsep fisika dan teknologi pembelajaran berbasis IT.
·    meningkatkan kemampuan penelitian dan pengabdian masyarakat bidang fisika.
·    mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak menuju Program Magister Pendidikan Fisika yang berwawasan global.
Mata Kuliah/Kurikulum
Semester I: Elektromagnetika (3 SKS), Fisika Komputasi (3 SKS), Matematika Terapan (2 SKS), Mekanika (3 SKS), Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Fisika (2 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).
Semester II: Eksperimen Fisika (3 SKS), Filsafat Sains (2 SKS), Fisika Modern (3 SKS), Fisika Statistik (3 SKS), Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika (3 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).
Semester III: Seminar Proposal Tesis (0 SKS), Tesis (6 SKS).
Mata Kuliah Pilihan Semester Gasal:
Supervisi Pendidikan (2 SKS), Astronomi dan Fisika Kebumian (2 SKS), Termodinamika (2 SKS), Kapita Selekta Fisika (2 SKS), Praktek Pengajaran (2 SKS), sertifikasi (2 SKS) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika Lanjut (2 SKS).
Mata Kuliah Pilihan Semester Genap:
Getaran dan Gelombang (2 SKS), Inovasi Pendidikan Fisika (2 SKS), Metode Penelitian Pendidikan (2 SKS), Seminar Fisika (2 SKS), Statistik Pendidikan (2 SKS).
Lama Studi, Beban SKS, dan Gelar
Untuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh minimal 38 SKS (termasuk tesis). Khusus lulusan S1 non kependidikan yang belum lulus Akta IV minimal mengambil 41 SKS. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan Sain (M.Pd.Si.) atau dalam bahasa Inggris Master of Science Education (M.Sc.Ed.). Lama studi dapat diselesaikan dalam 3 semester, dapat diperpanjang hingga 8 (delapan) semester.
Program Khusus
Bagi rombongan belajar yang berasal dari suatu daerah, minimal 20 mahasiswa. Kelebihan program ini adalah jadwal kuliah fleksibel, kombinasi kuliah dengan e-Learning, fasilitas penginapan di Asrama UAD dan transportasi.
Staf Pengajar
Prof. Dr. Sumadji, B.Sc., Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Suparwoto, M.Sc., Prof. Darsono, M.Sc., Dr. Moh. Toifur, M.Si., Dr. H.R. Oktova, Dr. Widodo, M.Si., Dr. Guntur Maruto, M.Si., Dr. Arif Hermanto, Dr. Dwi Sulisworo, M.T., Yudhiakto Pramudya, Ph.D., Drs. Ishafit, M.Si. (sedang S3).
Prosedur Pendaftaran
1.    Pendaftaran dapat dilakukan pada setiap semester (Gasal maupun Genap) sesuai jadwal.
2.    Calon mahasiswa dapat mendaftar langsung ke Sekretariat Pendaftran PMB UAD di Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta atau mendaftar secara online di website http://www.pmb-online.uad.ac.id
3.    Jika mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran, silakan menghubungi Staf Prodi S2 Pendidikan Fisika a.n. Dewi Parwanti di nomor HP: 081315295892.
4.    Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran sebesar Rp 500.000,00  di Bank Syariah Mandiri Kampus II atau Bank BRI di seluruh Indonesia.
5.    Berkas pendaftaran beserta bukti pembayaran dapat dikirim via pos atau diserahkan langsung ke: Sekretariat Panitia PMB UAD (Kantor BAA) Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta atau ke: Sekretariat Panitia PMB Pascasarjana Magister Pendidikan Fisika di Kampus II Ruang A3.01 Lantai III Jln. Pramuka 42 Sidikan, Yogyakarta 55161 atau scan-email dikirim ke dewiparwanti@yahoo.co.id
Syarat Pendaftaran
1.    Memiliki ijazah S1 Pendidikan Fisika atau program studi lain yang relevan misalnya: Matematika, Fisika Teknik, Teknik Fisika, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dsb.
2.    Menyampaikan surat permohonan mengikuti pendidikan (formulir silakan download di http://www.pasca-pfisika.uad.ac.id) dilampiri:
a.    Isian daftar riwayat hidup
b.    Pernyataan dukungan/izin atas tempat bekerja (tidak wajib)
c.    Fotokopi ijazah S1 yang sudah dilegalisir, bagi yang belum ada ijazah untuk sementara dapat menggunakan surat keterangan lulus
d.    Fotokopi transkrip akademik S1 yang sudah dilegalisir, bagi yang belum ada untuk sementara dapat menggunakan transkrip sementara yang ditandatangani oleh Pimpinan Fakultas
e.    Fotokopi SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir (jika ada)
f.    Fotokopi kartu pegawai (jika ada)
g.    Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
h.    Karya ilmiah dan sertifikat lima tahun terakhir (jika ada)
i.    Piagam penghargaan/prestasi yang pernah dicapai (jika ada).
NB: item-item tersebut digunakan untuk bahan scoring/penilaian.
Waktu Perkuliahan
Perkuliahan Magister Pendidikan Fisika diselenggarakan pada setiap Kamis – Jumat – Sabtu mulai pukul 13.30 s.d. selesai.
Kantor Magister Pendidikan Fisika
Universitas Ahmad Dahlan, Kampus II Jln. Pramuka No. 42 Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
Ph. (0274) 563515, 371120, 379418, 511830 ext. 2302, 2303 Fax.  0274 564604 Email: pasca-pfis@uad.ac.id  Website: http://pasca-pfisika.uad.ac.id/