Kedokteran

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran UAD

Overview Program Studi Kedokteran UAD

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan susunan geografis yang berbeda-beda dengan jumlah penduduk yang banyak. Hal ini dipengaruhi juga dengan perubahan iklim yang menyebabkan banyak terjadinya bencana, baik di Indonesia dan dunia. Indonesia merupakan negeri yang memiliki potensi dan kerentanan terhadap bencana, maka Indonesia  memerlukan dokter siap siaga bencana. Selain itu, rumah sakit di Indonesia juga masih kekurangan dokter umum dan ketersediaan dokter spesialis masih terbatas serta persebarannya tidak merata. Peran dokter yang bertugas pada fasilitas kesehatan layanan primer dirasa penting untuk ikut andil dalam kondisi tersebut sebagai dokter siaga bencana. Alhamdulillah UAD telah menerima SK Menristek Dikti RI No. 720/KPT/I/2017, Tertanggal 13 Desember 2017  Tentang ijin pembukaan program studi kedokteran program sarjana dan pendidikan profesi dokter program profesi. Program Studi Pendidikan Kedokteran UAD menjawab permasalahan tersebut dengan menjadikan lulusannya unggul dalam mitigasi bencana dan penanganan bencana dari sisi medis.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program studi Kedokteran UAD sesuai dengan penerimaan mahasiswa baru di UAD dengan beberapa syarat khusus. Jumlah mahasiswa yang diterima adalah 50 orang. Jalur PMB Program Studi Kedokteran angkatan pertama melalui jalur ujian masuk kedokteran. Tes seleksi calon mahasiswa Prodi Kedokteran UAD adalah tes tertulis dan tes wawancara. Tidak menerima mahasiswa asing pada PMB tahun 2018. Bagi calon mahasiswa yang berasal dari kerja sama daerah atau persyarikatan Muhammadiyah atau kerja sama institusi lain tetap mengikuti tes tulis dan wawancara.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Ketentuan pendaftaran tes tertulis program studi pendidikan dokter mengikuti ketentuan pendaftaran tes program studi lain di UAD dengan beberapa ketentuan khusus, sebagai berikut:

  1. Lulus SMA/MA/Sederajat tahun 2017 atau Peserta UN tahun 2018 dari Jurusan IPA.
  2. Syarat berkas:
    • FC Ijasah SMA/MA atau yang sederajat dilegalisir tahun 2017, atau surat keterangan lulus UN, atau surat keterangan siswa peserta UN tahun 2018.
    • Pasfoto berwarna terbaru 3×4 cm, 1 (satu) lembar.
    • FC KTP / Kartu Keluarga.
    • Surat keterangan sehat, surat keterangan sehat jiwa (dokter jiwa), bebas butawarna, dan bebas NARKOBA (rumah sakit yang terdaftar)
  3. Keputusan kelulusan penerimaan tidak dapat diganggu gugat.

Biaya dan Tempat pendaftaran

  • Membayar biaya pendaftaran Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
  • Tempat Pendaftaran di Kampus 1 UAD, Jalan Kapas 9, Semaki, Yogyakarta dan Kampus 4 UAD, Jalan Ahmad Yani/ Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan Bantul.
  • Waktu pendaftaran dapat dilakukan pada hari Senin-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB (Hari Ahad dan Hari Libur Nasional, TUTUP).

Tes Tulis

Mengikuti jadwal PMB UAD yang terdiri dari 3 gelombang, yaitu gelombang I , II, dan III (detail terdapat di PMB UAD Tahun 2018). Pelaksanaan masing-masing gelombang tergantung pada pemenuhan kuota atau kebijakan fakultas. Jadwal jalur tes tulis prodi Kedokteran UAD sebagai berikut:

 

jadwal kedokteran rev2Maaf ada revisi Masa Registrasi

*). Web Pengumuman Wawancara dan Akhir klik : http://pmb.uad.ac.id/hasil-seleksi-kedokteran/

Tes Wawancara

Tes wawancara dilaksanakan setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus tes tertulis. Wawancara dilakukan bersama orang tua/ wali calon mahasiswa serta psikotes bagi calon mahasiswa sesuai waktu yang ditentukan

 

Materi Tes

Materi tes yang diujikan bagi Kelompok IPA, terdiri dari:

  1. Tes Kemampuan Akademik Dasar (TKAD)
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi (Pilihan IPA)

Materi tes yang diujikan bagi Kelompok IPC,  terdiri dari:

  1. Tes Kemampuan Akademik Dasar (TKAD)
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi (Pilihan IPA)
  4. Matematika IPS, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, (Pilihan IPS)

 

Contact Person

  • Universitas Ahmad Dahlan     : (0274) 563515
  • CP 1                                        : 0853 8500 1960
  • CP 2                                        : 0856 267 1960
  • Email                                       : pmb@uad.ac.id
  • Webstite                                  : www.pmb-online.uad.ac.id

 

Biaya Pendidikan

biaya pendidikan kedokteran uad 2018 r2_001

 #ralat.8mei18